Thursday, January 5, 2017

sejarah karate

SEJARAH KARATE DAN PERKEMBAGAN

Sensei Gichin Funakoshi Seorang
yang membawa karate ke jepang

           Karate adalah seni bela diri asli Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat OKINAWA. Seni bela diri ini pertama kali disebut "TOTE" yang berarti seperti "TANGAN CHINA". Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalime Jepang saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah Kanji OKINAWA (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi "Karate"(Tangan kosong) agar lebih mudah diterima di masyarakat Jepang. Karate terdiri atas dua kanji. yang pertama adalah "kara" yang artinya tangan dan "te" yang artinya kosong. Dan kedua kanji tersebut di gabungkan menjadi karate (tangan kosong) maka karate di sebut bela diri tangan kosong.
         menurut Japan Karatedo Federation (JKF) dan World Karatedo Federation (WKF) yang dianggap sebagai gaya karate yang utama yaitu:
1. SHOTOKAN
2. GOJU-RYU
3. SHITO-RYU
4. WADE-RYU

Kempat aliran tersebut diakui sebagai gaya karate yang utama karate turut serta dalam pembentukan JKF dan WKF.

Namun gaya karate yang terkemuka di dunia bukan hanya empat gaya diatas saja. beberapa aliran besar seperti Kyokushin, Shorin-ryu dan Uechi-ryu tersebar luas ke berbagai negara didunia dan dikenal sebagai aliran karate yang termasyur, walaupun tidak termasuk 4 besar dalam JKF dan WKF

Dinegara Jepang, organisasi yang mewadahi olah raga Karate  seluruh jepang adalah JKF adapula organisasi yang mewadahi karate seluruh dunia adalah WKF dulu dikenal dengan nama WUKO (World Union Karate Organizations). Adapula ITKF (International Traditional Karate Federation) yang mewadahi karate tradisional adapun fungsi JKF dan WKF adalah terutama untuk meneguhkan Karate yang bersifat "tanpa kontak langsung", berbeda dengan aliran kyokushin atau daidojuku yang "kontak langsung".

karate terdapat 3 tingkatan yaitu : 

1.  kihon (dasar) untuk melatih teknik-teknik dasar karate seperti , teknik memukul, teknik menangkis, dan teknik menendang.
kihon karate.



2.  kata (seni gerak) yaitu sebuah kihon karate yang disusun menjadi seni gerak karate atau bunga karate. Kata di bagi menjadi 2 yaitu kata beregu dan kata perorangan



gerakan kata beregu
3. kumite (tarung/sparring) yaitu sebuah tangkisan, pukulan dan tendangan dalam kihon dipergunakan untuk sparring.

kumite dalam kejuaraan duniaa (wkf)




No comments:

Post a Comment